Searching...

10 Situs Belajar OnLine Gratis

Belajar kini tak harus di sekolah, karena dengan Internet kita juga bisa belajar apapun yang kita inginkan. Namun yang jadi masalah disini adalah terkadang kita bingung, dimana dan bagaimana cara belajar online yang gratis, karena memang saya akui ada banyak situs yang mewajibkan peserta atau membernya untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Namun tak sedikit pula, situs di Internet yang secara cuma-cuma membagikan ilmunya untuk Anda. Dan di artikel ini saya hanya akan membahas situs belajar online gratistersebut.

Total ada 10 Situs yang akan saya informasikan kepada Anda, dan kesepuluh situs tersebut tentunya juga membahas materi atau ilmu yang berbeda. Mungkin langsung saja, berikut daftar kesepuluh situs belajar internet yang saya maksud.

  1. w3schools
  2. howtogeek
  3. langhub
  4. github
  5. kaskus
  6. ads-id
  7. ilmukomputer
  8. ilmugrafis
  9. startupbisnis
  10. berguruseo

Sabar, saya akan menjelaskan masing-masing dari kesepuluh situs belajar online terbaik diatas, yang sudah pasti juga sering sekali saya kunjungi untuk belajar ilmu online secara gratis.

W3SCHOOLS


Situs Belajar Web Programming Online W3Schools

W3Schools adalah singkatan dari wwwwschools yang bisa Anda artikan sebagai sekolah www. Maksudnya situs ini membahas hal seputar internet terutama dalam hal dasar web based programming. Mulai dari HTML, CSS sampai dengan PHP, semua bisa Anda pelajari dasar-dasarnya melalui situs tersebut.

Yang saya suka dari situ W3Schools adalah pembahasannya yang singkat, padat dan jelas alias tidak bertele-tele, jadi istilahnya langsung to the point.

HOWTOGEEK


Situs Belajar Online HowToGeek

Meskipun nama situs ini terdengar sedikit 'gila' namun sejatinya isi dari situs ini sangatlah bermanfaat. Howtogeek adalah situs untuk Belajar Internet dan juga ilmu seputar komputer dengan bahasa yang menurut saya sangat mudah dipahami, karena mereka berusaha untuk membuat artikel yang tidak begitu formal, jadi para pembaca dibuat agar merasa nyaman saat membaca dari awal sampai akhir

LANGHUB


Situs Belajar Bahasa Online LangHub

Langhub adalah situs untuk belajar bahasa asing, mulai dari belajar bahasa inggri sampai bahasa vietnam bisa Anda pelajari melalui situs ini. Dan disana juga ada tahap-tahapnya mulai dari belajar bahasa pemula, menengah sampai mahir. Dan untuk materinya pun menurut saya pribadi sudah cukup lengkap.

GITHUB


Situs Belajar Online Github

Github adalah penyedia server repository git artinya Github menyediakan layanan berbasis web hosting untuk proyek-proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem kontrol versi Git. Jadi di situs ini Anda akan menemukan banyak sekali source yang bisa di download secara gratis. Jadi bisa dikatakan github adalah tempatnya para developer berkumpul dan saling bertukar code hasil codingan mereka.

KASKUS


Forum Belajar Online Kaskus

Lucu jika orang indonesia tidak mengenal forum kaskus. Yap kaskus merupakan forum online yang mempunyai segudang informasi bermanfaat, mulai dari teknologi sampai bisnis bisa Anda temukan disini, dan kabar baiknya tidak seperti keempat situs belajar online yang saya sebutkan diatas dimana keempat situs tersebut dibuat oleh orang asing, kaskus berbeda sesuai nama domainnya yaitu kaskus.co.id maka kita boleh bangga dengan forum online satu ini, karena pembuatnya adalah orang Indonesia, yaitu Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata.

ADS-ID


Forum Belajar Internet Marketing Ads-ID

Ads-id adalah forum online para publisher dan advertiser di seluruh indonesia berkumpul dan berbagai informasi seputar Internet Marketing, jandi sangat cocok untuk pemula (seperti saya) yang ingin Belajar Internet Marketing. Forum ini dulu bernama ads-id.co.id dan sekarang sudah berganti nama menjadi ads.id alias sudah menggunakan TLD Indonesia. Hal tersebut semakin memantapkan ads.id sebagai komunitas internet marketer terbesar di Indonesia.

ILMUKOMPUTER


Situs Belajar Online Ilmu Komputer

Tidak perlu saya jelaskan situs apakah ini, saya yakin dari nama situsnya saja Anda pasti sudah mengetahui ilmu apa yang akan Anda dapat jika mengunjungi situs online tersebut. Yap seputar computing atau Belajar Komputer dan menariknya situs ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat belajar online bagi para pemula, karena materi yang tersedia sangat lengkap sekali, jadi tidak hanya untuk yang sudah master saja, newbie seperti saya juga cocok belajar komputer online di situs ilmukomputer.org.

ILMUGRAFIS


Situs Belajar Desain Grafis Online IlmuGrafis

Dari nama masih satu paket dengan ilmu komputer, tapi saya kurang tahu apakah pendirinya juga sama atau tidak, tapi itu tidak masalah siapapun pembuatnya yang jelas situs ini sangat bermanfaat untuk Anda yang belajar tentang desain grafis secara online dan gratis. Tidak hanya memberikan tutorial tapi juga Anda akan diberikan source atau hasil akhir (contoh) tutorial yang dibuat. Jadi misal ada tutorial cara membuat pin, nanti di akhir artikel Anda akan diberikan file psd pin tersebut, jadi tinggal kita edit teks dan ubah gambarnya.

Sayangnya di situs ini fokus pada Desain Grafis (foto) menggunakan software jadi Anda jangan  terlalu berharap untuk belajar Desain Web disini. Namun jangan khawatir, karena saya sudah menyiapkan tutorial desain web / blog untuk Anda disini Cara Desain Template.

STARTUPBISNIS


Situs Belajar Bisnis Online StarupBisnis

Situs ini sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin belajar bisnis atau segala hal yang berhubungan dengan urusan bisnis. Artikel yang diberikan bukan membahas tentang 'cara cepat menjadi kaya' atau cara-cara menjadi kaya secara instan, tapi lebih kepada tips tentang Bisnis Online dan juga bagaimana cara memulai usaha yang benar atau sesekali juga membahas tentang kisah sukses para pengusaha indonesia, jadi diharapkan kita bisa belajar dari kegagalan mereka, dan meniru apa yang membuat mereka berhasil.

BERGURUSEO


Situs Belajar SEO dan Internet Marketing Online BerguruSEO

Akhirnya genap juga 10 situs, awalnya saya ragu memasukkan situs ini kedalam daftar top 10 situs belajar online di indonesia tapi ya karena saya tidak tahu harus memasukkan situs apa lagi, ya dengan terpaksa saya memasukkannya. Sekilas saja tentang situs antah berantah ini, jika Anda membuka situs tersebut yang masih menggunakan subdomain dari blogspot, maka Anda akan disuguhkan informasi gado-gado, baik seputar tips dan trik komputer, intenet, usaha online dan sesekali juga menyinggung soal Belajar SEO(meskipun saya yakin pemiliknya juga gak jago-jago amat dalam hal seo).

Itulah Kesepuluh Situs Belajar Online Gratis Terbaik di Indonesia (kecuali nomor 10) dan sengaja saya masukkan 4 situs yang berasal dari luar negeri, karena saya belum menemukan situs yang menyerupai keempat situs tersebut. Inti dari postingan atau artikel ini adalah, belajar bisa dimana saja dan kapan saja, namun kita tidak bisa mempelajari segalanya

0 comments:

Posting Komentar