Mungkin ada pengusaha yang sudah
memiliki website untuk bisnis mereka bertanya “Bisnis saya sudah punya
website. Bisnis Saya sudah go online, dan pelanggan bisa melihat
informasi perusahaan saya di website tersebut. Buat apa lagi saya
membuat blog?”
Pertama: Sebaiknya kita
tidak menganggap bahwa website bisnis dan blog bisnis adalah dua
web yang terpisah. Sebenarnya kita bisa menambahkan direktori khusus
untuk blog pada website bisnis Anda. Misalnya URL website bisnis Anda
adalah www.bisnismax.com, maka Anda bisa menambahkan direktori baru atau
sub domain baru untuk blog bisnissehingga URL nya adalah
www.bisnismax.com/blog atau blog.bisnismax.com.
Kedua: Konten pada
website bisnis biasanya berbentuk statis, sangat jarang atau bahkan
tidak ada perubahan yang berarti dalam waktu yang lama. Bisa saja Anda
memuat informasi tentang bisnis Anda di web bisnis yang statis tersebut
sehingga pelanggan dapat melihat informasi lengkap tentang bisnis Anda.
Namun, bila tidak ada update konten pada website Anda maka website
tersebut tidak akan maksimal di mesin pencari, misalnya Google. Mesin
pencari seperti Google lebih mengutamakan website yang selalu
mengirimkan konten yang update dalam hasil pencarian mereka.
Ketiga: Website bisnis
mungkin bisa memberikan informasi tentang bisnis Anda jika orang-orang
mencari berdasarkan dengan kategori tertentu ataupun nama bisnis Anda.
Namun bila mereka sedang mencari informasi pendukung yang masih
berhubungan dengan industri bisnis Anda, kemungkinan mereka tidak akan
menemukan website Anda di mesin pencari dan Anda kehilangan calon klien
potensial terus menerus.
Keuntungan Memiliki Blog Bisnis
Mari kita melihat beberapa keuntungan
memiliki sebuah blog untuk bisnis. Salah satu atau mungkin beberapa
diantaranya akan dapat memenuhi tujuan bisnis Anda.
1. Memberikan Kemudahan Pada Pelanggan
Salah satu tujuan kita membangun sebuah blog untuk bisnis adalah untuk memberikan kemudahan dan layanan pada pelanggan. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan saat membangun konten blog untuk para pelanggan:
Membangun konten untuk pelanggan potensial;
Anda pasti ingin meningkatkan jumlah leads atau calon pelanggan pada
bisnis Anda. Akan lebih baik bila konten yang dibangun sesuai dengan
target market Anda. Misalnya bisnis Anda adalah jasa pembuatan website,
maka konten yang harus Anda bangun adalah yang berhubungan dengan
website, misalnya cara merawat website, cara memaksimalkan performa
sebuah website, dan sebagainya.
Membangun konten untuk membantu klien;
Anda pasti ingin mempertahankan semua klien agar tetap menggunakan jasa
atau produk yang Anda tawarkan. Maka manfaatkan konten blog bisnis Anda
untuk memberikan informasi terbaru pada klien, misalnya informasi yang
membantu klien dalam memaksimalkan produk yang mereka beli dari Anda.
Membangun konten untuk subscriber;
calon klien dan pelanggan tetap di bisnis Anda adalah orang-orang yang
harus terus diperhatikan. Berikan konten yang bermanfaat bagi mereka,
jangan hanya mengirimkan penawaran. Jika saat ini Anda belum membangun
email list, maka sebaiknya mulailah dari sekarang.
2. Membantu Meningkatkan Popularitas di Media Sosial
Jaman sekarang siapa sih yang tidak
menggunakan media sosial? Sebagian besar pengguna internet pasti
memiliki akun media sosial, misalnya Twitter, Facebook, Google+, dan
lainnya. Dan kabar baiknya adalah media sosial dapat membantu
meningkatkan popularitas bisnis Anda di internet. Apakah bisnis Anda
kesulitan meningkatkan reputasi di media sosial? Konten blog Anda dapat
membantu bisnis Anda semakin terkenal di media sosial, begini caranya:
Mengirimkan konten ke media sosial bisa
memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan memasang iklan, tentunya
ada strategi yang harus kita ketahui. Kita juga harus memperhatikan apa
saja yang harus kita kirimkan ke media sosial, sebaiknya Anda mengingat
rumus 80/20, artinya hanya 20% dari status di akun social media Anda
yang mempromosikan bisnis Anda. Nah, jika Anda mengirimkan link blog
posting pada 20% status Anda di social media, kemungkinan besar orang
yang tertarik dengan bisnis Anda akan menjadi fans atau followers di
media sosial.
Saat kita membangun konten
dan mengirimkannya ke sosial media, pastikan konten yang kita kirim
tersebut memberikan value pada fans atau followers di media sosial. Fans
atau followers tersebut kemungkinan besar akan suka rela
membagikan/me-retweet konten tersebut di media sosial sehingga akan
semakin banyak orang yang akan melihatnya. Pada proses ini, secara tidak
langsung akan meningkatakan popularitas brand bisnis Anda di internet.
3. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) Website Bisnis
Mesin pencari, terutama Google, lebih
mengutamakan web yang selalu up to date dengan konten baru. Nah, blog
bisnis Anda akan membantu ranking website bisnis dengan beberapa cara.
Konten blog menjadi ukuran bahwa website Anda memiliki kualitas;
Seperti yang kita ketahui, Google bekerja keras untuk selalu memberikan
hasil pencarian yang lebih relevan pada Search Engine mereka. Salah
satu faktor yang mengindikasikan bahwa sebuah website layak mendapat
peringkat baik di Google adalah kualitas kontennya. Membangun konten
yang unik dan berkualitas secara kontinu akan membantu website Anda
mendapat peringkat lebih baik di Google.
Konten blog dapat membantu untuk mendominasi mesin pencari;
Salah satu cara terbaik untuk terus mendapatkan pelanggan dan klien
baru adalah menjaga peringkat website Anda di mesin pencari. Jika user
mencari informasi tertentu di Google dan konten blog Anda ternyata
tampil dengan ranking yang baik, maka hasilnya kemungkinan besar Anda
akan mendapatkan pelanggan baru terus menerus dari mesin pencari.
4. Meningkatkan Reputasi Brand Bisnis
Seperti yang sudah disebutkan
sebelumnya, memiliki blog akan membantu Anda meningkatkan popularitas
brand bisnis Anda secara online. Saat Anda konsisten membangun konten
yang bermanfaat bagi orang lain, maka dapat dipastikan bahwa website
Anda lambat laun akan menjadi pemimpin di industri yang Anda geluti.
Brand bisnis yang sudah memiliki popularitas baik di industri tertentu
biasanya juga akan mendominasi hasil pencarian di mesin pencari Google.
Mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab
pertanyaan Anda mengapa blog bisnis itu sangat penting. Dari penjelasan
di atas, poin mana yang paling dibutuhkan oleh bisnis Anda?
(sumber : maxmanroe)
0 comments:
Posting Komentar